Dinas Komunikasi dan Informatika

Sekda Roni Apresiasi Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo, Launching Aplikasi SIKIKO 

Launching Aplikasi Program Sistem Informasi Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo (SIKIKO) di Gedung Kasmat Lahay Selasa, (14/11/2023)

LIMBOTO – Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Dr. Roni Sampir menghadiri Launching Aplikasi Program Sistem Informasi Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo (SIKIKO) di Gedung Kasmat Lahay Selasa, (14/11/2023).

Launching Aplikasi Program Sistem Informasi Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo dihadiri, Pimpinan OPD terkait, Camat, Kepala Desa bersama Sekretaris Desa se-Kabupaten Gorontalo.

Sekda Roni mengapresiasi inovasi yang dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Gorontalo untuk membangun Daerah salah satunya melalui program SIKIKO.

“Tentunya, launching program yang dilaksanakan Kejari Kabupaten Gorontalo dapat menunjang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),” ujar Roni.

Roni menambahkan, Pemerintah Daerah terus mendorong penggunaan digitalisasi baik itu transaksi keuangan, pengadaan barang dan jasa termasuk pengawasan.

Tak hanya itu, melalui program sistem tersebut pelayanan pendampingan dari tingkat Desa itu bisa berjalan efektif dan efisien.

“Sehingga penganggaran di tingkat desa dapat tepat sasaran sesuai prosedur, akuntabel, dan bisa di pertanggung jawabkan,” tandasnya,”.

Launching aplikasi SIKIKO oleh, Sekda Roni didampingi Kejari Mohamad Iqbal bersama pimpinan OPD dan Ketua APDESI.

 

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Mohamad Iqbal SH, MH menjelaskan, bahwa program Sikiko ini terdapat beberapa aplikasi yakni Sistem Pelayanan Perdata Tata Usaha Negara (Siatun) termasuk Jaga Desa.

Hal ini untuk memberikan pemahaman kepada aparatur Desa, dalam melakukan penganggaran, akan dilakukan pendampingan langsung dari Kejaksaan, jangan salah melakukan kegiatan.

“Sehingga tujuannya inovasi sistim informasi yang kami lakukan ini, untuk bagaimana meminimalisir terjadinya tindak pidana korupsi yang ada di Desa,” ungkap Mohamad Iqbal.

Disisi lain bagi masyarakat yang ingin melakukan konsultasi hukum bisa melalui aplikasi ini, nantinya kami akan menjelaskan fungsi tersebut.

“Dengan di launching aplikasi program ini mempermudah dalam berkonsultasi, serta kami dapat memberikan pelayanan yang baik bagi aparat maupun masyarakat,” pungkasnya.

Laporan: Riri Lihawa

HIMBAUAN PEMERINTAH KABUPATEN GORONTALO

WASPADA PENIPUAN ONLINE..!!

Cek validitas pengirim pesan, jangan mengklik file .apk berisi file undangan, lowongan kerja, surat tilang atau lainnya dan jangan mengunduh aplikasi yang tidak dikenali..!