Dinas Komunikasi dan Informatika

Produksi buah di kawasan Dulamayo varietas unggul. Bakal jadi kebanggaan Gorontalo

Bagikan:

LIMBOTO, Diskominfo –
Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo memerintahkan Dinas Pertanian untuk segera mendaftarkan produksi buah-buahan khas Desa Dulamayo dan sekitarnya ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Gorontalo. Pasalnya genetika tanaman buah di kawasan puncak ini merupakan varietas unggul dan memiliki ciri khas berbeda dengan produk buah dari daerah lain.

Beberapa varietas unggul di kawasan Dulamayo yang hendak di branding dan didaftarkan ke BPTP itu meliputi buah mangga, durian, langsat, bahkan biji kopi.

Ramin Noho, pihak BPTP Provinsi Gorontalo, dalam diskusi singkat dengan Bupati Nelson Pomalingo, di Limboto, Senin (14/03/22), mengungkapkan, hasil kajian BPTP Provinsi Gorontalo menunjukkan bahwa kawasan Dulamayo memiliki beberapa varietas unggul. Varietas genetik ini, kata Romin, sangat penting diregistrasikan sebagai produk khas, sehingga menjadi unggulan daerah.

“Dengan adanya tanda varitas maka sudah bisa melakukan pengembangan genetika. Setelah itu kita dorong, misalnya kopi Dulamayo menjadi kualitas unggul di tingkat Nasional sehingga berpotensi pada peningkatan PAD Kabupaten Gorontalo,” ungkapnya.

Dari hasil pertemuan dengan pihak BPTP, Senin, Bupati Nelson tampak bakal mengembangkan dan mempromosikan varietas unggul di wilayah Kabupaten Gorontalo tersebut. Keunggulan varietas itu akan dipopulerkan sehingga menjadi kebanggaan Provinsi Gorontalo.

“Tentunya hal ini baik bagi daerah, memiliki kekayaan jenetik yang terus dipertahankan. Maka melalui BPTP didaftarkan varitas tersebut dan melalui Dinas Pertanian untuk dipromosikan maupun dikembangkan di Kabupaten Gorontalo,” ucap Nelson.

 

Laporan: Riri Lihawa,

Editor: Zulkifli Mile

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.