Dinas Komunikasi dan Informatika

Kabupaten Gorontalo Terima Penghargaan Terbaik Inklusi Literasi dari Perpusnas

Bagikan:

LIMBOTO – Pemerintah Kabupaten Gorontalo meraih predikat terbaik Nasional dalam pengelolaan perpustakaan pada tahun 2021. Atas keberhasilan itu, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menganugerahkan trophy dan piagam penghargaan dalam kategori pelayanan perpustakaan Inklusi Literasi untuk daerah ini.

Penghargaan disampaikan langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Gorontalo Yahya Podungge kepada Bupati Nelson Pomalingo, di Aula Rudis Bupati Gorontalo, Kamis (13/01/2022).

Yahya menjelaskan, penghargaan kategori pelayanan perpustakaan Inklusi Literasi yang diperoleh Kabupaten Gorontalo merupakan bentuk apresiasi Perpusnas terhadap penyelenggaraan program perpustakaan berbasis inklusi sosoial, yaitu layanan bersifat jemput bola oleh para pemustaka.

“Artinya, pemustaka tidak hanya di tunggu di kantor perpustakaan daerah, namun kami akan berkujung di setiap desa,” ujar Yahya Podungge, Kamis.

Ia menambahkan, saat ini Perpustakaan Kabupaten Gorontalo telah menjangkau seluruh desa dengan layanan inklusi sosial tersebut.

Sebelumnya, ada lima desa yang menjadi pilot project inklusi sosial dan terus mengimbaskan pola layanan perpustakaan ke desa-desa lainnya.

Mengapresiasi prestasi dibidang perpustakaan tersebut, Bupati Nelson mengungkapkan, Kabupaten Gorontalo memiliki salah satu program unggulan dalam meningkatkan sumber daya manusia. Maka perpustakaan, jelas dia, dikembangkan diseluruh wilayah kabupaten Gorontalo, yakni di desa, maupun sekolah melalui binaan Dinas Perpustakaan sehingga menjadi wahana pembinaan literasi.

“Kabupaten Gorontalo pada beberapa tahun yang lalu meraih peringkat tiga Nasional, baik (itu) perpustakaan di tingkat desa. Bagi kami perpustakaan desa sudah bergerak awal dari untuk pengembang SDM berbasis desa. Maka program Desa bergeliat tidak sekedar pembangunan fisik, namun non fisik (juga) sudah dilakukan” ujar Bupati Nelson.

(Rigo/JnMile).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.