Dinas Komunikasi dan Informatika

Prof. Nelson: Sektor peternakan di Gorontalo harus disukseskan setelah jagung

LIMBOTO – Prof. Nelson Pomalingo mengungkapkan potensi peternakan di Provinsi Gorontalo sangat besar setelah perkebunan jagung. Maka sektor ini perlu didorong dengan baik sehingga memicu laju pertumbuhan daerah. Hal ini disampaikan Bupati Gorontalo itu saat menghadiri pelayanan kesehatan hewan dan vaksinasi anthrax untuk sapi milik para petani di Kelurahan Hutuo Kecamatan Limboto, Sabtu (15/01/22).

“Sektor peternakan di Provinsi Gorontalo luar biasa. Karena selain sukses jagung, maka sektor yang harus sukses berikutnya adalah bidang ternak,” ungkap Prof. Nelson.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa peluang pengembangan sektor peternakan di Gorontalo sangat besar karena ditopang oleh kondisi geografis.

“Selain jagung yang telah sukses di kelola pemerintah sejak beberapa tahun terakhir, maka dunia peternakan mestinya menjadi sektor kedua yang harus berhasil ketimbang bidang lain di Gorontalo,” tambah dia.

Bupati Nelso menyebut, luas lahan untuk area peternakan seperti sapi di Kabupaten Gorontalo saja masih sangat luas. Hal ini akan menjadi modal utama bagi para peternak atau kelompok peternakan dalam mengembangkan usaha ternak. Apa lagi pakan ternak seperti jagung sangat murah serta mudah diperoleh.

Oleh karena itu, Bupati dua periode di Kabupaten Gorontalo ini mengungkapkan bahwa ia telah melahirkan kebijakan-kebijakan dalam rangka pengembangan sektor peternakan.

“Kami juga terus menyediakan sejumlah fasilitas seperti pusat kesehatan hewan (puskeswan). Saat ini sudah ada tiga puskeswan yang ada di Kabupaten Gorontalo, termasuk mendorong rumah pemotongan hewan, karena saat ini Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah bekerjasama dengan Provinsi DKI Jakarta dalam hal ekspor daging,” kata Nelson.

Sementara itu, pelayanan vaksin antrax di kelurahan Hutuo diselenggarakan untuk merayakan HUT ke-69 Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) oleh Dinas Perikanan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gorontalo.

Tampak hadir Wakil Bupati Gorontalo Hendra Hemeto, Camat Limboto, para Mahasiswa Jurusan Peternakan, serta Kelompok Ternak Hubuo Kelurahan Hutuo.

(Rigo/JnMile)